Senin, 23 Maret 2009

Perubahan Kepribadian Remaja


Saat awal masa remaja, anak laki-laki dan perempuan sudah menyadari sifat-sifat baik dan buruk, dan mereka menilai sifat-sifat ini sesuai denan sifat teman-teman mereka. mereka jua sadar akan peran kepribadian dalam hubungan-hubungan sosial dan oleh karenanya terdorong untuk memperbaiki kepribadian mereka, misalnya dengan cara membaca buku-bukudenan harapan mereka memahami dunia sosialnya.

Remaja yang merasa lebih tua akan menyadri apa-apa yang dapat membentuk"kepribadian yang menyenangkan". ia menetahui sifat-sifat yang dikagumi oleh teman-teman sejenis maupun teman-teman lawan jenisnya. meskipun sifat-sifat yang dikagumi berbeda dari satu kelompok yang lain, namun remaja menerti apa yang dikagumi oleh kelompoknya.

Ada juga remaja yang menggunakan standar kelompok sebagai dasar konsep penilaian mereka mengenai"kepribadian ideal" terhadapkepribadian itu sendiri.ini merupakan tugas yang sulit dan yang sering kali tidak mungkin. pola kepribadian yang sudah di bentuk selama masa kanak-kanak sudah mulai stabil dan cenderung menetap sepanjang hidupnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar